Kriteria Pasangan Hidup

Mencintai karena Allah
Berpisah pun karena Allah

Kriteria Pasangan Hidupku
Di kutip dari buku Siap-Siap Nikah karya Syamsa Hawa

nikahYang menjadi landasan saya dalam memilih seorang pendamping hidup adalah hadits Rosulullh SAW. Mengenai 4 perkara: Harta, Keturunan, Fisik, dan Agama.
Prioritas pertama adalah mengenai agama. Artinya, saya ingin memiliki pendamping yang merasa masih hijau dalam belajar agama, sehingga kami bisa belajar memperdalam agama bersama-sama. Sementara orang yang merasa sudah matang dalam beragama, ibaratnya buah, tinggal menunggu kapan membusuknya saja, tidak ada keterbukaan untuk mau belajar dari orang lain.

Saya mengharap pada Allah bahwa pendamping saya nantinya adalah seorang yang mencintai Allah dan Rosul-Nya. Sehingga ia takkan pernah menghinakan istrinya jika sedang tidak menyukainya, serta tidak menempatkan istrinya memenuhi hatinya ketika ia sedang menyukainya.
Mengenai harta, saya tidak ingin pendamping saya menjadi seorang budak uang, menukarkan waktu untuk keluarganya dengan bekerja pada atasannya setiap hari hanya untuk dapat uang.Saya berharap memiliki suami yang bermental pengusaha. Karena yakinlah bahwa Rizki itu Allah yang mengatur.

Mengenai keturunan,saya berharap pendamping hidup saya sampai akhir hayat adalah seorang yang menyayangi keluarga orangtuanya dan keluarga saya. Dengan dukungan dari pendamping saya, saya akan beradaptasi dengan keluarganya. Bagaimana keluarga dia adalah keluarga saya juga. Saya akan menjalin sulaturrahim yang kuat dengan keluarganya.
Mengenai fisik, saya bukan seorang yang gila fisik. Saya lebih mementingkan sikap. Karena seorang yang ganteng sekalipun, kalau sikapnya jelek, satu jam bersamanya juga sudah bosan, capek, nggak nyaman. Tapi, saya berharap Allah memberikan saya pendamping yang bersedia memperganteng penampilan demi istrinya, sebagaimana sabda Rosulullah, saya berharap suami saya melakukan hal tersebut bukan untuk saya, tapi untuk Allah, sebagai bukti taat pada-Nya.
Di luar keempat kriteria tersebut, saya berharap memiliki seorang pendamping yang memiliki antusiasme besar, semangat, ramah pada manusia-hewan-tumbuhan, berpikir positif, suka tantangan, terbuka, perhatian, humoris, bahagia melihat kebahagiaan orang lain, berprinsip, jujur, proaktif (tidak mau menyalahkan orang lain karena kesalahannya), luwes, tidak banyak menuntut melainkan membimbing, tegas, tidak menyepelekan, tidak memaksakan, tidak men-judge, setia, pengertian, integritas, dewasa (bukan berarti nggak lucu, nggak kekanakan, tidak merasa selalu benar. Dewasa di sini maksudnya adalah berani bertangung jawab terhadap hidupnya sendiri. Mandiri), berjihad.
Hehe…itu sikap-sikap yang saya sukai, insya allah saya pun sedang berproses menuju sikap-sikap itu. Jadi, kalau ada yang bilang mustahil satu orang memilki sikap tersebut, tidak saya terima pernyataan itu.Hal itu sesuai bahwa laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik begitupun sebaliknya.
Oh ya, ada juga hal yang berkenaan dengan teknis, yang saya harap pada pada diri pendamping saya nantinya. Hal-hal teknis ini berkaitan dengan saya langsung soalnya. Nilai-nilai di atas itu sangat umum, sementara saya berharap bisa menjadi partner seumur hidup, hal teknis di bawah ini cukup penting untuk saya paparkan:
Saya berharap memiliki seorang pendamping yang memilki rasa seni. Senang musik (co: nasyid), atau gambar/ lukisan/ komik, film bermutu, tidak menganggap seni-seni seperti itu murahan apalagi menganggapnya tidak bermanfaat juga suka membaca buku baik fiksi atau non fiksi (islami), dan saya tidak menganggapnya tidak berguna bahkan sebaliknya, karya-karya seperti itu bisa menjadi ladang ibadah dan dakwah yang sangat potensial. Insya Allah.Saya bukan orang yang kaku atau keras terhadap kriteria-kriteria di atas. Melalui proses perkenalan, saya dapat merasakan apakah visi yang saya miliki dengan calon suami saya tersebut searah. Hanya pada Allah saya menyerahkan kepasrahan setelah perjuangan ini. Semoga Allah memberikan jodoh yang terbaik untuk saya.Amiin.

Ini adalah contoh penulisan kriteria calon pendamping mudah-mudahan bisa menjadikan inspirasi, motivasi dan bahan renungan untuk kita..So coba buatlah seperti apakah kriteria calon pendamping anda????

Tinggalkan Balasan

